Saturday, November 30, 2013

Kunsos FSI 2013

"Neng, situ sudah punya laki belum??"
"Belum Nek, saya kan masih sekolah. Nanti saja waktu sudah lulus :D"
"Oh, yaudah Nenek doain ya semoga Neng cepet dapet jodoh, jadi dokter yang baek..."
"Iya Amiiin Nek, makasii doanyaa... Semoga Nenek selalu sehat n bisa nimang cucu yaaa! :)"

Percakapan pagi itu cukup mengocok perut saya, ketika seorang nenek yang sudah sangat renta menanyakan hal tersebut kepada saya yang KTP saja belum punya. Saya hanya bisa mengamini dan berdoa dalam hati bahwa saya ingin hidup sampai tua seperti nenek tersebut biar bisa tau rasanya nimang cucu. Heheh

Hari ini mungkin akan menjadi hari yang tak terlupakan. Untuk pertama kalinya, saya menjadi pj acara sosial yang diadakan oleh organisasi saya di sebuah yayasan lansia di wilayah Kwitang, Senen, Jakarta Pusat. Bukan soal menjadi pj, melainkan pengalaman bertatap muka langsung dengan para lansia yang kehidupannya dibantu oleh orang-orang baik yang mendirikan Yayasan Lansia Pusaka 1 tersebut. Saya dan teman2 dari Departemen Kasum FSI FKUI mengadakan acara ini karena ingin berbagi kebahagiaan dengan nenek2 yang tergabung dalam yayasan tersebut. Di sana kami mengadakan penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan. Penyuluhan mengenai pola hidup sehat lansia yang dibawakan oleh Bang Aslam Botilangih angkatan 2010 itu disambut ceria oleh para nenek. Bang Aslam yang juga mantan Kadept Kasum FSI menurut saya adalah orang yang sangat cocok memberikan penyuluhan kepaada para lansia di sana, karena beliau membawakannya dengan suasana yang lucu dan menggemaskan. Seusai acara penyuluhan yang juga diselingi dengan praktik senam antistroke, berlanjutlah acara ke pemeriksaan kesehatan. Ketika itu kami mendapat bantuan dari kakak-kakak senior yang superduper baik hatinya, mereka adalah koas atau mahasiswa klinik yang mau berpartisipasi dalam memeriksa nenek2 yayasan. Di sela waktu menunggu antrean untuk periksa inilah, saya mendapatkan kesempatan untuk bisa mengobrol dengan nenek2 di sana... Di sini saya belajar untuk memahami perasaan lansia yang memiliki liku-liku kehidupan masing-masing. Saya jadi teringat dan rindu kepada nenek saya yang meninggal sekitar 3 tahun yang lalu karena sakit. Saya jadi tahu bahwa masalah mereka semua selain dari fisik yang sudah tua adalah perasaan kesepian. Entah karena sudah tidak bersama pasangannya, atau karena anaknya sudah menikah dan pergi dengan keluarganya, atau karena anaknya bahkan sudah meniinggal, dan banyak lagi.

Saya mendapatkan pesan di sini, bahwa mereka adalah orang tua, orang tua yang harusnya disayang dan dihormati dan dirawat oleh anaknya. Sebagaimana tertulis di Al Qur'an Surat Al Ankabut ayat 8, mengenai kewajiban manusia untuk berbuat baik kepada orang tua. Bakti pada orang tua yang kita lakukan bahkan tak akan sanggup menandingi kebaikan dan cinta kasih mereka kepada kita. Karenanya, jangan sampai kita menyakiti hati orang tua kita
Sayangilah mereka, doakanlah mereka, karena doa yang diterima adalah doa anak sholeh bagi kedua orang tuanya
:)

No comments:

Post a Comment