Wednesday, December 12, 2012

Cara Menghafal ala Dianita

Bagi sebagian orang mungkin menghafal istilah-istilah latin dalam mata pelajaran biologi itu menyebalkan dan sangat susah sekali. Namun bagi saya, justru hal itu lebih mudah ketimbang harus menghafalkan nama-nama pahlawan, tahun kejayaan, pasal-pasal dalam undang-undang, atau sesuatu berbau hafalan istilah sosial lainnya. Mungkin ini berguna, TIPS MENGHAFAL ilmu biologi bagi mereka yang membutuhkan. Metode ini ampuh bagi saya, meskipun tidak semua ilmu dapat menggunakan metode hafalan yang satu ini. Metodenya saya sebut VISUAL memorizing METHODS. dan secara ngga sadar, metode ini sebenarnya menjurus ke pemahaman, bukan sekedar hafalan saja. Karena, yang paling penting itu paham, bukan hafal. ^^ Untuk menjelaskannya, saya langsung gunakan contoh.

Jadi, waktu saya masih SMP dulu, ketika saya harus menghafalkan lintasan aliran darah dalam tubuh kita, saya tidak pernah memakai istilah bitusa-bapasi [itu metode guru saya yang tercinta], saya hanya membayangkan dalam tubuh saya ada sebuah jantung yang terhubung dengan pembuluh darah yang di dalamnya ada cairan segar berwarna merah. Lalu, dari jantung itu, dibiliknya bagian kiri, dari situ si cairan keluar whhuuuusssss lewat pembuluh besar yang namanya Aorta. Namanya aja besar, yang dituju juga besar, ia menuju ke seluruh tubuh saya dan sampai di organ-organ itu O2 dan CO2 bertukar posisi dalam darah! lanjutlah si cairan merah itu masuk ke pembuluh vena, nah, si vena ini [saya lagi bayangin gambar dari sebuah phantom yang kelihatan venanya] membawa darah ke bagian jantung yang kanan, namanya serambi kanan. Buat keluar, dia harus masuk bilik kanan dulu, nah, kan darahnya kotor tuh banyak CO2nya, jadi harus dibersihkan! Di mana? Paru-paru dong. Paru-paru=pulmo, jadi darah dari bilik kanan tadi masuknya ke arteri pulmonaris, masuk ke pulmo dan baliknya juga ke vena pulmonalis dehhh :)

Contoh lain yak
pas mau ngafalin letak-letak lobus otak siapkan tanganmu untuk menunjukan dikepalamu sebelah manakah dia?
- lobus frontal [pegang dahi]
- lobus parietal [pegang ubun-ubun]
- lobus temporal [pegang pelipis]
- lobus occipital [pegang kepala belakang]
dsb.

masih banyak contoh-contoh yang lain, kalau mau contoh lain, hubungi saya :D Intinya, apapun itu, ketika mencoba menghafal JANGAN SEKALI-SEKALI HAFALKAN DERETAN HURUF karena itu hanya akan masuk ke otak kiri. Bayangkan wujud aslinya, bentuknya, warnanya, [plus animasi tentunya jadi bisa gerak juga], sifatnya, dan semua yang bisa dibayangkan. Jangan berpikir, ini memakan waktu lama, justru ini asyik dan cepat sekali hafalnya dibanding ngafalin deretan huruf ...........
dan sesungguhnya saya bersyukur ada di bidang ilmu yang bisa divisualisasikan karena, menurut riset, ingatan otak kanan kan long term memory tuh, ga kayak otak kiri yang short term memory. Jadi kita harus berusaha memasukkan ingatan itu ke otak kanan, nah karena otak kanan penuh imajinasi dan kreativitas, kita harus pakai metode yang demikian pula.

Selamat belajar dan mencoba! :)

4 comments:

  1. Replies
    1. terimakasih tanggapannya, semoga bisa diaplikasikan :)

      Delete
  2. cara menghubungi kakak bagaimana? apakah wa atau sejenisnya? saya pengen nanya perihal ipa karena besok lusa tes

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf banget saya baru ngeh ada komen ini, mgkn lain kali bs disertakan namanya yaah

      Delete