Wednesday, July 18, 2018

Say NO to HOAX

Pernah ga sih terima broadcast di grup keluarga yang judulnya seperti fakta menarik padahal isinya mitos? Atau pernah ga denger iklan iklan di radio tentang pengobatan alternatif yang mengklaim bahkan bisa menjamin menyembuhkan berbagai penyakit mulai rematik, katarak, diabetes, sampai kanker?! Di era digital ini informasi sedemikian mudah didapatkan, baik yang benar adanya maupun yang hoax semata. Sebagai generasi milenial, kita harus pintar-pintar menyaring mana info yang benar dan mana yang salah. Allah melalui firman-Nya dalam Al Qur'an sudah mengatur perihal ini:

Wahai orang-orang yang beriman! Jika seseorang yang fasik datang kepadamu membawa suatu berita, maka telitilah kebenarannya, agar kamu tidak mencelakakan suatu kaum karena kebodohan (kecerobohan) yang akhirnya kamu menyesali perbuatan itu. (QS Al Hujurat: 6)

Nah loh, jangan sampai kita turut serta menjadi agen penyebar hoax ya! Biasanya berita hoax itu memang punya judul bombastis, menarik perhatian, kurang masuk akal tapi kadang dipaksa masuk, terus kalau di broadcast, akan ditambahi kata-kata untuk share cz katanya bermanfaat. Hati-hati, sebagian besar hoax itu ternyata menyangkut bidang kesehatan dan jadi kesenangan orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Apabila kita terima suatu kabar berita atau informasi, pertama pakai otak kita dulu untuk berpikir, cari tahu kebenarannya, atau at least kalau ngga yakin benar engganya tapi ga ada waktu untuk cari tahu, ga usah disebar-sebar sampai jadi viral. Kalau nanti di akhirat jempol kita ditanya kenapa nyebarin info hoax kita mau jawab gimana?

Feel free to discuss anything ya!

Sumber gambar:
https://responsejournal.net/sites/default/files/styles/anamorphic_1200/public/facebook-hoax-1024x536.jpg?itok=zy-PCnOk


No comments:

Post a Comment