Thursday, July 19, 2018

ONESHOT UKMPPD part 4 (last eps)

Tips dan trik menghadapi UKMPPD


Sampai juga di episode terakhir dari judul ONESHOT UKMPPD. Kali ini akan dibahas soal tips dan trik menghadapi UKMPPD, khusus buat para mahasiswa kedokteran tingkat akhir yang sudah mulai takikardia, harap-harap cemas, mendadak rasanya lupa semua pelajaran preklinik, dsb. (mohon maaf kalau ini ada beberapa adegan throwback masa belajar bareng grup oneshot)

Check this out!





Tips 1 Niat
Sudah lima tahun sekolah kedokteran, ngga mau kan berakhir sia-sia? Harus niat dulu untuk belajar UKMPPD biar lulus. Niat bahagiakan orang tua? Niat ambisius jadi peringkat satu nasional? Niat biar dilirik gebetan? Boleh aja semua yang penting bisa memotivasi dan jangan lupa satu niat terpenting yaitu niat jadi dokter untuk misi kemanusiaan yang ga bakal tercapai juga kalau ga lulus UKMPPD.

Tips 2 Bangun pasukan tangguh
Nah ini susah susah gampang buat nemu teman belajar yang serius tapi santai, punya visi yang sama dan bertanggung jawab sama pilihannya. Alhamdulillah di kehidupanku aku bertemu teman-teman oneshot yang luar biasa beragam dan keren. Walaupun sempat ada adegan aku ngambek dan pulang ke kos karena ga ada yang dateng setelah aku tunggu dua jam di SKY IMERI, tapi terus beberapa saat kemudian dibawain KFC ke kosan dan dibujuk buat ikut. Kemana? karaoke. (ga bisa nolak) Setelah itu ga ada lagi cerita ngilang tanpa kabar sampe dua jam.

mungkin aku sering nolak ajakan nonton tapi kalau karaoke agak sulit mau nolak wkwk

Tips 3 Kumpulkan sumber daya
Maksudnya adalah soal-soal tahun lalu, soal dan pembahasan bimbel UKMPPD, guideline2, kapita selekta, dll yang membangun. Bisa minta ke senior atau teman-teman yang ambil les bimbingan UKMPPD. Ada juga grup nasional yang isinya perwakilan kampus, biasa selalu share info dan kumpulan soal-soal di situ, coba temukan siapa yang di angkatan kalian jadi duta dan pastikan info mengalir darinya.

Tips 4 Susun jadwal dan tentukan siapa yang jadi PJ harian
Ini contoh jadwal yang sudah kami susun untuk sebulan intensif belajar CBT UKMPPD.

Pada akhirnya minggu kita liburkan biar ada waktu istirahat dan me time hehe

Tugas PJ harian sih biasa nentuin tempat dan jam ketemuan, terus nyiapin soalnya, bagi tugas siapa bahas nomor berapa, terus ngompile pembahasan yang sudah dibuat untuk dishare lagi ke grup. Nah di jadwal itu juga ada try out yang kita adakan secara mandiri, buat melihat progresi dari nilai kita. Soalnya ambil aja dari paket soal bimbel yang sudah ada pembahasan dan kunci jawaban. Nanti nilai dikumpul di satu orang dan dibuat rekap grafik. Alhamdulillah ada relawan (thanks to Iwan) yang mau mengompilasi nilai dan kelihatan kalau betul2 berprogress. Nah perlu juga bikin presensi harian, untuk bikin nominasi terajin datang. Kalau kami biasanya mencatat lewat foto yang disimpan di album line. Untuk yang  terajin datang akan dapat apresiasi dari teman-teman berupa ucapan selamat. wkwk

For example...




Tips 5 Penuhi target harian
Ini juga ngga mudah, 200 soal atau satu paket soal sehari itu cukup bikin mabok ngantuk laper bosan dsb. Siapkan cara untuk refreshing, misalnya kalo aku dan teman-teman selalu sedia kartu buat main floating seven, tepuk nyamuk, dan lain-lain yang seru. Makan dan minum juga harus sediakan ya biar ga hipoglikemia n dehidrasi cz dipake belajar seharian. Jangan lupa selalu di awali dan diakhiri dengan doa bersama ya! Biar afdol.

di sudut Parasitologi, floating seven
Tips 6 Sharing apapun di grup
Ilmu, guideline, screenshot, soal yang ga paham, apapun itu coba share di grup biar sama-sama dipelajari. Bisa ditaruh di album atau notes grup LINE.

Tips 7 Tips khusus buat OSCE
Nah, ini di masa sebelum intensif CBT kami sudah sempat mereview materi-materi yang mungkin atau pernah keluar di OSCE, per penyakitnya dari A-Z nya, walaupun ga semua selesai juga, tapi poinnya sudah ada yang diulang di otak. Nah terpenting untuk persiapan OSCE adalah simulasi tentunya. Pastikan ada relawan yang mau jadi panitia. Nanti untuk simulasi kita bagi dua kelompok penguji vs peserta ujian, yang akan bertukar peran di kloter berikutnya. Nah, tugas panitia adalah merandom siapa dapat penguji apa, dan menjapri satu satu persatu penguji dapat soal departemen apa. Nanti diserahkan pada tim penguji untuk membuat kasus apa yang jadi soal yang harus dirahasiakan supaya panitia juga tetap bisa ikut ujian. Setelah itu diadakan simulasi dengan rotasi dan timer seperti layaknya simulasi osce biasa. Penguji wajib untuk menulis soal, jadi OP, menyiapkan alat atau gambar yang perlu. Nah nanti setelah satu kloter selesai, penguji dan peseta bertukar peran. Jadi pada intinya semua orang sudah menyiapkan soal menjadi penguji dan siap diuji apapun soal yang ada di depan mata ia tidak tau, persis seperti osce aslinya. Nah biasanya yang pegang timer adalah yang sedang jadi penguji jadi agak double job tapi pasti bisa.
Setelah itu jangan lupa sesi feedback jadi kita ulang lagi materi yang keluar dan samakan persepsi jawaban. Seperti itulah kira-kira, dan jangan cuma sekali ya. Ininih kira-kira suasana simulasi osce ala oneshot.





Tips 8 Berdoa dan saling menguatkan
Ini penting banget, kalau ada yang futur, ilang, sibuk, segera diajak belajar lagi. Saling mendoakan juga penting. Di grup oneshot, berdoa bisa di masjid, gereja, pura, dan di mana saja yang penting ingat teman.

Post briefing CBT UKMPPD, Februari 2018
Tips 9 Lulus dan PLD sama-sama
Jadikan ini sebagai target n goal bersama biar tetap semangat!


Alhamdulillah ya, 14 April 2018. Congratz Dok!
Nah, kurang lebih itu tadi tips dan trik menghadapi UKMPPD ala grup belajar. Last but not least, DOA RESTU ORANG TUA amat sangat berharga ya jadi jangan pernah lupa berdoa, minta restu, berusaha, dan tawakkal atas semuanya. Semoga bisa bermanfaat dan sukses ya buat UKMPPD-nya!!!!

Oiya karena ini episode terakhir tulisan berjudul oneshot ukmppd, aku juga sekalian mau bilang terimakasih banyak dan selamat bertugas buat:

dr. Luh Gede Laksmi Rahayu Handayani
dr. Agnesstacia Vania Lumintang
dr. Aldi Andri Adi Nasution
dr. Hafiz Yusaryahya
dr. Fathia Nabilla
dr. Fahmi Kurniawan
dr. Elva Kumalasari
dr. Sarah Shafa Marwadhani
dr. Nurcholis
dr. Lily Raudah Putri
dr. Gunawan Adhiguna
dr. Muhammad Reynald Aditya

SEE YOU ON TOP!

- dr. Dianita Susilo Saputri -

5 comments: