Sunday, May 19, 2013

NMGBC 2013

National Medical and General Biology Competition, atau yang biasa disingkat NMGBC tahun ini kembali diadakan oleh AMSA (Asian Medical Student Association) UI di Kampus Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Salemba, Jakarta Pusat. Kompetisi biologi untuk anak SMA dan setaranya ini menarik kurang lebih 200-an peserta dari berbagai penjuru negeri ini. Kali ini, temanya adalah Genes dengan warna warni dekorasi yang berwarna biru muda, pink, dan putih. Aku yang masih tingkat satu dan bukan anggota maupun pengurus dari AMSA, ikut meramaikan acara ini dengan mengisi open recruitment panitia LO atau Liaison Officer. Semua ini demi melepas kerinduan yang begitu dalam akan atmosfer kompetisi dalam perlombaan akademis.




Pengalaman pertama menjadi LO - Liaison Officer
Tak mudah rupanya menjadi seorang LO, panitia yang langsung berhubungan dengan peserta sekaligus menjadi fasilitator mereka. Aku mendapat tugas untuk menjadi LO peserta yang berasal dari UPH College, SPH, SMA 3 Tangsel, dan SMA Santa Maria Pekanbaru. Totalnya bersepuluh, dengan hanya dua kaum adam. Aku sempat berharap agar rahasia bahwa aku belum layak memiliki KTP tidak terbongkar di hadapan mereka. Namun, harapanku kandas, karena aku tak mampu berbohong tatkala si SMANTITANGSEL menanyakan tahun kelahiranku. dan,....... eng ing eng........ *anda tahulah bagaimana percakapan selanjutnya...

Tiga hari terasa lama sekali berlalu. Sampai-sampai aku benar-benar merindukan kosanku tercinta <3
Tapi aku senang, aku kembali ada di tengah atmosfer kompetisi, ketika semua orang degdegan dengan nilai hasil ujiannya, ketika banyak hal yang bisa diceritakan...

NMGBC 2013

Begitu banyak liku-liku yang dilalui peserta untuk bisa duduk di kursi panas finalis.
200 soal pilihan ganda di hari kedua
dan
Praktikum biologi kedokteran yang selevel anak tingkat 1 bahkan mungkin tingkat 2 dan 3 FKUI
Jual beli soal yang butuh perhitungan ekonomi
hingga sampailah di 5 nama finalis
Aku merasakan final NMGBC begitu mengoyak perasaan finalis. Naik turunnya peringkat dari kelima finalis begitu drastis terjadi, mulai dari presentasi, babak cepat tepat, sampai yang bertaruh nilai.
Akhirnya, dalam kompetisi pasti ada yang menang ada juga yang kalah

Kuucapkan selamat bagi para pemenang :)
Smoga semangat kompetisinya tetap ada dan tak luntur
Begitupun anak-anakku yang sudah begitu ramah dan tegar meski mereka tak masuk final
Terimakasih ya sudah menemani tiga hariku ini ^^
Special to: Ovi, Vincent, Yogi, Kelly, Ivy, Christine, Bani, Maria, Stacey, dan Vina

No comments:

Post a Comment